DPRD Kabupaten Magelang dan DPRD Kabupaten Bandung Barat lakukan Study Banding Ke DPRD Kabupaten Banyumas

Dilihat : 578 Kali, Updated: Kamis, 24 Juni 2021
DPRD Kabupaten Magelang dan DPRD Kabupaten Bandung Barat lakukan Study Banding Ke DPRD Kabupaten Banyumas

Humas-Setwan -

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Magelang dan DPRD Kabupaten Bandung Barat berjalan dengan lancar dan tertib menggunakan Protokol Kesehatan. 

Tempat Kegiatan: Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banyumas

Tanggal Kegiatan: 2021-06-24

Peserta:

- Diterima oleh H. Supangkat, SH.MH dan Ir. Budiyono Selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas 

- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Magelang dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat 

Narasumber: H.Supangkat,SH.MH dan Kabul Raharjo (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dan Kepala Seksi Pembangunan SDA DInas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas )

Kutipan Narsum:

H. Supangkat, SH.MH : kaitannya dengan corona bahwa kabupaten banyumas ini memang  sejak adanya pandemic dprd kabupaten banyumas membuat Perda inisiatif tentang penyakit menular dimana didalamnya salah satunya penyakit covid 19. Perda tersebut bergerak cepat karena selalu melakukan konsultasi dengan Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah sehingga dapat diselesaikan dalam waktu pendek dan di paripurnakan pada tanggal 21 juni tahun 2020. Pada saat itu kasus covid di kabupaten banyumas masih rendah akan tetapi mengalami penaikan grafik sampai dengan bulan December 2020 di puncaknya. Di kabupatan banyumas terdapat tim covid Kabupaten dan pimpinan dewan termasuk didalam tim tersebut Bersama dengan eksekutif. Sebelumnya PPKM Mikro pimpinan dewan dan Forkompinda turun ke lapangan tingkat kecamatan dan melaksanakan pembinaan kpada warga, akan tetapi saat ini di Kabupaten Banyumas Grafik perkembangan kasus covid 19 meningkat dan penyebab meningkatnya kasus covid 19 di Kabupaten Banyumas adalah warga yang masih suka berkerumun dan tidak menggunakan masker. Pada saat PPKM Mikro di kabupaten Banyumas, Ibu Kota Kecamatan rata-rata masyarakat yang terpapar covid 19 ada 20 orang akan tetapi yabg jauh dari ibu kota kecamatan jarang yang terpapar. Saat operasi masker Bupati Banyumas langsung turun ke lapangan untuk operasi masker dan 70% yang tertangkap bukan warga Banyumas. Untuk objek wisata di Kabupaten Banyumas beberapa mengikuti anjuran pemerintah untuk menutup semntara untuk mencegah penularan. Di Baturraden akan mengambil sebuah hotel yang memiliki kapasitas tempat tidurnya 300 untuk rumah sakit darurat covid bagi masyarakat yang memiliki gejala ringan maupun gejala sedang kalua yang sudah terpapar tetap  ke rumah sakit. Mulai per tanggal 24 juni 2021 sejumlah ruas kabupaten banyumas akan mengalami penutupan jalan dari pukul 21.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB untuk mencegah kerumunan dan penularan Covid 19. Secara umum operasi terus menerus bergerak luar biasa akan tetapi Pandemi tetap meningkat.

Bpk. Kabul Raharjo : 

Kaitannya dengan irigasi pada tahun 2011 terdapat perda irigasi, untuk kabupaten magelang memang untuk irigasi ini sering dijadikan selogan di Musrenbang yang menyampaikan bpk. Supangkat bahwa pembangunan itu akan bisa berhasil bagus  apabila judulnya JALI yang memiliki singkatan J : Jaringan yang bagus, A : Air Bersih, L : Listrik, I : Irigasi. Jika itu diterapkan maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat, hal tersebut adalah bagian dari irigasi menjadi prioritas Pembangunan  sejak jaman orde baru

Kutipan Peserta:

Kutipan Anggota DPRD:

Tujuan Kegiatan:

Pencegahan dan penanggulangan penyakit covid 19. Disampaikan oleh among ma’mur s.ag ketua komisi IV dprd kabupaten bandung barat. Ingin ada gambaran terkait pencegahan penyakit menular salah satunya covid-19. sedangkan DPRD Kabupaten Magelang kaitannya dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dan jaringan pengairan lainnya. Disampaikan oleh bpk. Sakir, s.sos. ingin belajar tentang pengelolaan bangunan irigasi yang mana pada masa pandemic anggatran banyak terserap di covid-19.

 

 

Komentar