DPRD Kabupaten Banyumas Kedatangan Tamu dari DPRD Provinsi Jawa Barat

Dilihat : 881 Kali, Updated: Rabu, 13 April 2022
DPRD Kabupaten Banyumas Kedatangan Tamu dari DPRD Provinsi Jawa Barat

Humas-Setwan -

Pada hari Selasa, 12 April 2022 Bapak H. Supangkat, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas menerima kunjungan dari DPRD Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna sesuai dengan jadwal dan berlangsung dengan penuh kehangatan. Pimpinan rombongan dalam hal ini H. Sadar Muslihat, S.H. selaku Ketua Pansus 1 DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan sambutan dan mengucapkan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Banyumas yang telah menerima kunjungan DPRD Provinsi Jawa Barat dengan baik.

Kunjungan kali ini membahas tentang persetujuan bersama terhadap pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Kabupaten Banyumas berencana untuk melakukan pemekaran wilayah menjadi tiga bagian yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Banyumas Barat. Tahun 2015-2019 mengajukan permohonan pemekaran wilayah kepada Gubernur Jawa Tengah. Dengan rencana ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Namun hal ini dapat diatasi dengan melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait tujuan dilakukannya pemekaran.

Tiga bagian wilayah yang akan menjadi target pemekaran mempunyai potensi masing-masing. Wilayah Kota Purwoketo merupakan peluang untuk daerah bisnis yang mana menjadi pusat kota dan pusat pemerintahan, wilayah Kabupaten Banyumas yang mayoritas masyarakatnya agraris, dan wilayah Kabupaten Banyumas Barat yang akan menjadi sektor industri tepatnya di Kecamatan Wangon, sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas Barat.

Tempat Kegiatan: Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Banyumas

Tanggal Kegiatan: 2022-04-12

Peserta:

1. H. Sadar Muslihat, S.H. selaku Ketua Pansus 1 DPRD Provinsi Jawa Barat

2. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat

Narasumber: H. Supangkat, S.H., M.H. (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas)

Kutipan Narsum:

Kutipan Peserta:

Kutipan Anggota DPRD:

H. Supangkat, S.H., M.H. menerangkan bahwa Kabupaten Banyumas akan melakukan pemekaran menjadi tiga wilayah yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Banyumas Barat. Masing-masing wilayah tersebut mempunyai potensi yang berbeda-beda. Wilayah Kota Purwokerto menjadi pusat bisnis, wilayah Kabupaten Banyumas menjadi pusat masyarakat agraris, dan wilayah Kabupaten Banyumas Barat menjadi pusat kawasan industri.

Tujuan Kegiatan:

Tujuan diadakannya kunjungan kali ini yakni untuk study komparatif terkait pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB)

Komentar